Nama :
Muhammad Panji Purnama (11120680)
Kelas : 11.81.01
Pelajaran : PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT
Kelompok A
Pengertian dari Class, Object, dan Method.
Class dapat didefinisikan sebagai cetak biru (blueprint)
atau prototipe/kerangka yang didefinisikan variabel-variabel (data) dan
method-menthod (perilaku) umum dari sebuah objek tertentu. Dalam dunia
pemrograman, sebenarnya class tidak jauh berbedadengan tipe datasederhana
perbedaanya, tipe data sederhana digunakan untuk mendeklarasikan variabel
'normal', sedangkan class digunakan untuk mendeklarasikan sebuah variabel yang
berupa objek. Variabel yang berupa objek ini sering disebut dengan referensi
objek (object referensi).
Yang mudah kta pahami tentang class penegertian objek adalah suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan
suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
Dalam java class didefinisikan dengan mengumakan kata kunci Class.
Berikut ini bentuk umum yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah class.
Class Namakelas {
tipe data1;
tipe data2;
...
tipe dataN;
tipe method1(daftar-parameter){
//kode untuk method1
}
tipe method2(daftar-parameter){
//kode untuk method2
}
...
Tipe methodN(daftar-parameter){
//kode untuk methodN
}
}
Disini kita akan membuat clss kotak, yang memiliki
data-data : panjang, lebar, dan tinggi.
perhatikan contoh berikut ini :
Class kotak {
double panjang;
double lebar;
double
tinggi;
}
Melalui kode di atas, berarti kita sudah mendefinisikan sebuah
tipe data baru dengan nama kotak. Objek aktual dari kelas tersebut
harus dibuat sendiri melalui kode berikut :
kotak
k = new kotak( ); // membuat objek kotak dengan nama K
Disini, kotak adalah class dan K adalah
objek atau instance dari class kotak. Melalui
objek K, kita dapat mengakses dan memanipulasi data-data yang
terdapat pada class kotak, dengan cara mengunakan operator
titik(.), seperti yang tampak pada kode berikut ini :
K.panjang = 4;
K.lebar =3;
k.tinggi
=2;
Utuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan contoh kode program
lengkap berikut ini yang akan menunjukan penggunaan class kotak di
atas.
class Kotak {
double panjang;
double lebar;
double tinggi;
}
class DemoKotak1 {
public static void main(String[] args) {
double volume;
Kotak k = new Kotak();
// Mengisikan nilai ke dalam data-data kelas
Kotak
k.panjang = 4;
k.lebar = 3;
k.tinggi = 2;
// Menghitung isi/volume kotak
volume = k.panjang * k.tinggi *
k.lebar;
// Menampilkan nilai volume ke layar monitor
System.out.println("Volume kotak = "
+ volume);
}
}
Membuat object
Object adalah instance dari class. Jika class secara
umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah
representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita
dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses
class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses
class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().
Cara
mudah Membuat Object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Date().
Attributes/
Variable
merupakan
nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes
merepresentasikan karakteristik dari suatu object. Contoh : pada Class Fruit
terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan
berat misalkan 0.24 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan
0.30 kg
Format:
tipeData
variabel = nilai;
Contoh:
String kalimat = "Aiz tukang tidur";
// variabel 'kalimat' bertipe data String mempunyai nilai "Aiz tukang tidur"
int x = 10;
// variabel 'x' bertipe data integer, mempunyai nilai 10
Contoh:
String kalimat = "Aiz tukang tidur";
// variabel 'kalimat' bertipe data String mempunyai nilai "Aiz tukang tidur"
int x = 10;
// variabel 'x' bertipe data integer, mempunyai nilai 10
Methode
merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan
oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil
melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa ,
kupasKulit dan lain-lain.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika
objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang
hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang
metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam
program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki
nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga
bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.
Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut,
diperlukan suatu kemampuanoverloading, yaitu suatu kemampuan untuk
menentukan fungsi yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat
nama fungsi yang sama. Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah
perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfismemembiarkan lebih dari 1
objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai objek dari super class
tunggal
Contoh:
Mahasiswa cowok = new anakSI();
cowok.methodKU( Bernaz );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Amelia );
cowok.methodKU( Bernaz );
Mahasiswa cewek = new anakTI();
cewek.mothodKU( Amelia );
Outputnya:
-Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI
telah dipanggil
-Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI
telah dipanggil
Contoh Program:
class buku{String pengarang;String judul;void isi (String
isi1,String isi2)
{judul = isi1;pengarang = isi2;}
void cetak()
{
if (judul==null&&pengarang==null)return;
System.out.println(“judul=” +judul +”pengarang=” +pengarang);
}
}
class karangan{
public static void main(String[]args)
{
buku a,b,c,d;
a=b=c=d=new buku();
a.isi (“pengarang pascal”, “yogiyanto”);
a.cetak();
b.isi (“pengarang java”, “asep hermanto”);
b.cetak();
c.isi (“pengarang web”, “johan prasutyo”);
c.cetak();
d.isi (“pengarang c++”, “adbul kadil”);
}
}
{judul = isi1;pengarang = isi2;}
void cetak()
{
if (judul==null&&pengarang==null)return;
System.out.println(“judul=” +judul +”pengarang=” +pengarang);
}
}
class karangan{
public static void main(String[]args)
{
buku a,b,c,d;
a=b=c=d=new buku();
a.isi (“pengarang pascal”, “yogiyanto”);
a.cetak();
b.isi (“pengarang java”, “asep hermanto”);
b.cetak();
c.isi (“pengarang web”, “johan prasutyo”);
c.cetak();
d.isi (“pengarang c++”, “adbul kadil”);
}
}
semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar