Senin, 15 April 2013


Nama : Muhammad Panji Purnama (11120680)
Kelas 11.8i
Kelompok leb A
TUTORIAL MENGHITUNG LUAS LINGKARAN

Pada posting kali ini saya akan men-tutorial kan cara - cara membuat program menghitung luas lingkaran dengan netbeans, ikutilah tahap - tahap berikut :
1. Buat Naskah


2. Buat Flowchart

3. Buat Pseudocode


4. Buat Codes






5. Buka netbeans - klik file - new project




6. pilih java aplication - klik next - isi nama bebas - klik finish

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnC1cXla6Lfb5_FQwFgF-bPNOmmV1BbxaxsUEjGNPLPccIc4MHjbAPShDt9HMFC6fmYKkrBPB4QK6XGbnnE4i7j0ezOP8rXjjQlCeEKqDTCPGQnHGyHLUPVCx0LAumgCmgvYTRFQHSsdc/s400/26.png








7. klik kanan pada project - pilih new - klik jframe





8. isi jframe dengan nama bebas - klik finish





9. ini dia coding luas lingkarannya


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJUxX2Z1qLpagZJhLA0QVgYO88qJ1hUEUouI70nij0kf1u4ljIMGRN-f6dO9SCoT0VYihY8Hng6PcMLZPkiZSMG9Snlf50QX82v5OpUkaLMkdfoIJ2oTy25-LIzeOpvaPDU4dGeZHwv8M/s400/30.JPG


 10. ini dia hasilnya
 

TUTORIAL MENGHITUNG LUAS

Dalam tutorial kali ini akan saya jelaskan cara membuat Aplikasi Menghitung Luas Segitiga dengan menggunakan NetBeans. Untuk membuat project baru sudah saya jelaskan pada tutorial Membuat Konverter Suhu jadi tidak perlu saya jelaskan lagi. Setelah buat project baru, klik kanan pada Project yang telah dibuat lalu pilih New > JFrame Form. Kemudian buat design tampilan seperti berikut (tanpa nomer) :


Kemudian ubah Variable Name-nya. Sesuaikan dengan nomer pada gambar di atas !

1. txtalas
2. txttinggi
3. hitung
4. txt hasil
5. reset

Selanjutnya masuk ke bagian Source Code.
dibawah code "public class LuasSegitiga extends javax.swing.JFrame{"
masukkan code seperti berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6yNu3ZN3tgfH664LTCr_4BV02CosG8djACo5hPqWZ6_pxLN9eWL9yPeSvIjpM6-3siw1NFniWceB2geoqq5FDEcKDRtNw1uw0s4GI1Za2h54SQAUcpQiQEVlLPU8hN0VSY12KJhLS1Bo/s400/B.JPG


Kemudian kembali lagi kebagian Design. Klik dua kali pada button Hitung, lalu masukkan code seperti berikut :


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvwLbMHxRdc3iG_i9cD0hvLItjVkCWg0KnUXGURB3SpJOS8V1KL7-q6cYmUI2B7vDXktcVgm31xWhQH1JKLIFJXHeVGz6XlegKNC7a4nDA8TjnUY6ssjTBXWD54ninJaqI6z4Aw7jWt3o/s400/C.JPG



Selanjutnya kembali lagi ke bagian Design. Klik dua kali pada button RESET, lalu masukkan code seperti berikut :


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjL2htj8jISURzYaaZwNF9yY-3AxCYL6G57j2QCEIe0qi6RL2hSfF0CAd2NSxG9UKEDQdcAw5uws59aRBDWXLwIwO0TvHI77oob6udb19UDci9g1ImdKLhYKRPPqmn1GC6cVqNJfxSuJAo/s400/D.JPG

PROGRAM LUAS PERSEGI DENGAN JAVA

Seperti artikel sebelumnya, saya akan memberikan bahasan tentang bagaimana pengimplementasi rumus matematika dalam java, yaitu membuat program penghitung luas persegi dengan java. Luas persegi tersebut, kita sama – sama tahu bagaimana rumusnya, yakni “s²“. Dalam java kita akan implementasikan rumus tersebut seperti source code di bawah ini :

/**
 *
 * @author Goes Redy
 */
public class LuasPersegi {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Program untuk menghitung luas persegi :");
        String sisi = "";
        sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan sisinya : ");
        int s=Integer.parseInt(sisi);
        System.out.println ("Sisinya = "+(s));
        System.out.println ("Luasnya = "+(s*s));
    }
}

Penjelasan :

Di sini terdapat import javax.swing.*; karena di bawahnya akan dilakukan proses permintaan data sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan sisinya : ");. Rumus matematikanya ada pada System.out.println ("Luasnya = "+(s*s));. Dalam java ditulis (s*s) karena s² tidak dikenal oleh java.


PROGRAM PERHITUNGAN KUBUS PADA JAVA

Kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Beberapa perhitungan yang akan diimplementasikan di sini adalah perhitungan luas permukaan, keliling, dan volume kubus.

Sourcodenya dapat diimplementasikan sebagai berikut :
import javax.swing.*;
/**
 *
 * @author Goes Redy
 */
public class LuasKubus {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Program untuk perhitungan kubus :");
        String sisi = "";
        sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan panjang sisinya : ");
        int s=Integer.parseInt(sisi);
        System.out.println ("Panjang sisinya = "+(s));
        System.out.println ("Kelilingnya = "+(12*s));
        System.out.println ("Luas permukaannya = "+((s*s)*6));
        System.out.println ("Volumenya = "+(s*s*s));
    }
}

Penjelasan :

Seperti dapat dilihat di atas, kodenya juga hampir sama dengan kode – kode java sebelumnya pada kode pemanggilannya. tidak ada yang begitu menyulitkan dalam perhitungan kubus ini, karena kita hanya terpaut pada satu panjang sisi saja, jadi mudah sekali untuk menghitungnya.
Sumber :

1 komentar: