Nama : Muhammad
Panji Purnama (11120680)
Kelas 11.8i
Kelompok leb A
TUTORIAL MENGHITUNG LUAS LINGKARAN
Pada posting
kali ini saya akan men-tutorial kan cara - cara membuat program menghitung luas
lingkaran dengan netbeans, ikutilah tahap - tahap berikut :
1. Buat Naskah
2. Buat Flowchart
3. Buat Pseudocode
4. Buat Codes
5. Buka netbeans - klik file - new project
6. pilih java aplication - klik next - isi nama bebas - klik
finish
7. klik kanan pada project - pilih new - klik jframe
8. isi
jframe dengan nama bebas - klik finish
9. ini dia coding luas lingkarannya
10. ini dia hasilnya
TUTORIAL
MENGHITUNG LUAS
Dalam tutorial
kali ini akan saya jelaskan cara membuat Aplikasi Menghitung Luas Segitiga
dengan menggunakan NetBeans. Untuk membuat project baru sudah saya jelaskan
pada tutorial Membuat Konverter Suhu jadi tidak perlu saya jelaskan lagi.
Setelah buat project baru, klik kanan pada Project yang telah dibuat lalu pilih
New > JFrame Form. Kemudian buat design tampilan seperti berikut (tanpa
nomer) :
Kemudian ubah
Variable Name-nya. Sesuaikan dengan nomer pada gambar di atas !
1. txtalas
2. txttinggi
3. hitung
4. txt hasil
5. reset
Selanjutnya
masuk ke bagian Source Code.
dibawah code
"public class LuasSegitiga extends javax.swing.JFrame{"
masukkan code
seperti berikut :
Kemudian kembali
lagi kebagian Design. Klik dua kali pada button Hitung, lalu masukkan code
seperti berikut :
Selanjutnya
kembali lagi ke bagian Design. Klik dua kali pada button RESET, lalu masukkan
code seperti berikut :
PROGRAM LUAS
PERSEGI DENGAN JAVA
Seperti artikel
sebelumnya, saya akan memberikan bahasan tentang bagaimana pengimplementasi
rumus matematika dalam java, yaitu membuat program penghitung luas persegi
dengan java. Luas persegi tersebut, kita sama – sama tahu bagaimana rumusnya,
yakni “s²“. Dalam java kita akan implementasikan rumus tersebut seperti source
code di bawah ini :
/**
*
* @author
Goes Redy
*/
public class
LuasPersegi {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Program untuk menghitung luas persegi :");
String sisi = "";
sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan sisinya : ");
int s=Integer.parseInt(sisi);
System.out.println ("Sisinya = "+(s));
System.out.println ("Luasnya = "+(s*s));
}
}
Penjelasan :
Di sini terdapat
import javax.swing.*; karena di bawahnya akan dilakukan proses permintaan data
sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan sisinya : ");. Rumus
matematikanya ada pada System.out.println ("Luasnya = "+(s*s));.
Dalam java ditulis (s*s) karena s² tidak dikenal oleh java.
PROGRAM
PERHITUNGAN KUBUS PADA JAVA
Kubus merupakan
bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang berbentuk
bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Beberapa
perhitungan yang akan diimplementasikan di sini adalah perhitungan luas
permukaan, keliling, dan volume kubus.
Sourcodenya
dapat diimplementasikan sebagai berikut :
import
javax.swing.*;
/**
*
* @author
Goes Redy
*/
public class
LuasKubus {
public static void main(String[] args) {
System.out.println("Program untuk perhitungan kubus :");
String sisi = "";
sisi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan panjang sisinya : ");
int s=Integer.parseInt(sisi);
System.out.println ("Panjang sisinya = "+(s));
System.out.println ("Kelilingnya = "+(12*s));
System.out.println ("Luas permukaannya = "+((s*s)*6));
System.out.println ("Volumenya = "+(s*s*s));
}
}
Penjelasan :
Seperti dapat
dilihat di atas, kodenya juga hampir sama dengan kode – kode java sebelumnya
pada kode pemanggilannya. tidak ada yang begitu menyulitkan dalam perhitungan
kubus ini, karena kita hanya terpaut pada satu panjang sisi saja, jadi mudah
sekali untuk menghitungnya.
Sumber :
hasyu, gambar kecil amat
BalasHapus