Kelas Dan Obyek
apa
itu kelas.. "kelas merupakan blue print dari obyek-obyek yang kita akan
buat". artinya disini dengan menggunakan satu buah kelas bisa
menciptakan bayak obyek. kita akan langsung ke contoh program yang menggunakan
kelas dan obyek. sebenar nya sejak pertama kita membuat sebuah program
pada java maka kita telah menciptakan sebuah kelas.. adapun untuk membuat
sebuah kelas pada java formatnya seperti berikut "[Access Modifier][
class] [Nama_kelas] sepertri public class mahasiswa. pada
kelas yang kita buat ini kita difinisikan dengan menggunkana accsess Modifier
yaitu public yang nantinya kita bisa acses dari kelas manapun baik dalam satu
paket maunpun beda paketnya, sedangkan class merupakan kata
kunci untuk mendifinisakan sebuah kelas dan wajib ada, dan selanjutnya di ikuti
dengan nama kelas nya misal disini mahasiswa...
import
java.util.Scanner;
public class mahasiswa {
private String nim, nama, jurusan, jk, alamat;
private int umur, thn_angkatn;
public mahasiswa() {
this.nim = "";
this.nama = "";
this.jurusan = "";
this.jk = "";
this.alamat = "";
this.umur = 0;
this.thn_angkatn = 0;
}
public void BacaData() {
try {
Scanner baca = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan Nim:");
nim = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Nama:");
nama = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Jurusan:");
jurusan = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan JK:");
jk = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Alamat:");
alamat = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Umur:");
umur = baca.nextInt();
System.out.print("Masukkan Thn_angkatan:");
thn_angkatn = baca.nextInt();
} catch (Throwable e) {
System.out.println("Untuk ubur dan thn_ngkatan silahkan masukkan angka ");
System.out.print(e.getMessage());
}
}
public void TampilData() {
System.out.println("NIM : " + nim);
System.out.println("Nama : " + nama);
System.out.println("Jurusan : " + jurusan);
System.out.println("Jenis_Kelmin : " + jk);
System.out.println("Alamat : " + alamat);
System.out.println("Umur: " + umur);
System.out.println("Thn_angkatan : " + thn_angkatn);
}
public static void main(String[] args) {
mahasiswa mhs = new mahasiswa();
mhs.BacaData(); mhs.TampilData();
}
}
output :
run:
Masukkan Nim:105410056
Masukkan Nama:zul m
Masukkan Jurusan:TI
Masukkan JK:Pria
Masukkan Alamat:lombok
Masukkan Umur:22
Masukkan Thn_angkatan:2010
Thn_angkatan : 2010
BUILD SUCCESSFUL (total time: 32 seconds)
public class mahasiswa {
private String nim, nama, jurusan, jk, alamat;
private int umur, thn_angkatn;
public mahasiswa() {
this.nim = "";
this.nama = "";
this.jurusan = "";
this.jk = "";
this.alamat = "";
this.umur = 0;
this.thn_angkatn = 0;
}
public void BacaData() {
try {
Scanner baca = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan Nim:");
nim = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Nama:");
nama = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Jurusan:");
jurusan = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan JK:");
jk = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Alamat:");
alamat = baca.nextLine();
System.out.print("Masukkan Umur:");
umur = baca.nextInt();
System.out.print("Masukkan Thn_angkatan:");
thn_angkatn = baca.nextInt();
} catch (Throwable e) {
System.out.println("Untuk ubur dan thn_ngkatan silahkan masukkan angka ");
System.out.print(e.getMessage());
}
}
public void TampilData() {
System.out.println("NIM : " + nim);
System.out.println("Nama : " + nama);
System.out.println("Jurusan : " + jurusan);
System.out.println("Jenis_Kelmin : " + jk);
System.out.println("Alamat : " + alamat);
System.out.println("Umur: " + umur);
System.out.println("Thn_angkatan : " + thn_angkatn);
}
public static void main(String[] args) {
mahasiswa mhs = new mahasiswa();
mhs.BacaData(); mhs.TampilData();
}
}
output :
run:
Masukkan Nim:105410056
Masukkan Nama:zul m
Masukkan Jurusan:TI
Masukkan JK:Pria
Masukkan Alamat:lombok
Masukkan Umur:22
Masukkan Thn_angkatan:2010
Thn_angkatan : 2010
BUILD SUCCESSFUL (total time: 32 seconds)
Pada program yang kita
buat ini, kita beri nama dengan nama kelas mahasiswa. Di dalam kelas mahasisea ini
terdapat beberapa atribut/pengenal, misalkan nim,nama jurusan dll. Selanjut
terdapat sebuak constructor dengan nama mahasiswa juga. Constructor adalah sebuah
method dimana
inisialisasi obyek
ditempatkan. Adapun beberapa ketentua/property dari sabuah konstruktor adalah :
1. Constructor
memiliki nama yang sama dengan nama class
2. Constructor
tidak memilki return value
3. Constructor
tidak dapat di panggil langsung, namun harus di panggil dengan
menggunakan operator new pada pembentukan sebuah kelas.
Tapi jangan terlalu
serius juga.. “ tapi seriuslah biar paham” hee
Selanjutnya pada program
yang kita buat ini terdapat dua buah method yaitu pertama kita
berinama public void BacaData() dan yang kedau public
void TampilData() {. Method Bacadata berfubgsi untuk melakukan masukan data
dari keybord artinya seorang user harus memasukkan data melalui keyboard.
Sedangkan method TampilData di gunakan untuk menampikan data dari method
BacaData.
“ adapun blok try { }
catch () {} disni kita tidak akan bahas, karena kita sudah bahas
pada postingan sebelumnya yaitu: penanganan error pada java.
Lanjut…. Hemmm.. (^^^)…
Setelah kita membahas
class,constructor,method maka tahap selanutnya adalah kita ke bagian method
main/method utama. Pada method utama/main kita menciptkan sebuah
obyek dengan nama mhs. Adapun format untuk menciptkan sebuah obyek
pada java seperti berikut “
[Nama_class][ nama_obyek
]=[ new][ Nama_class]
Nama_class merupakan
nama_dari class yang kita ciptakan misalkan disini mahasiswa, sedankan
nama_obyek nama dari obyek yang kita buat dari kelas yang kita ciptakan ,
selanjuntya di ikut dengan tanda (=) dan kata new Dan Nama_class.
Contoh : mahasiswa
mhs = new mahasiswa();
He,,,
lanjut atau cukup..
Lanjut
aja deh” setelah kita menciptkan sebuah obyek maka tahap selanjutnya
adalah kita akan memanggil method yang telah kita ciptakan yaitu method
BacaData() dan method TampilData() dengan menggunakan obyek terbut.
Contoh “ mhs.BacaData();
mhs.TampilData();
Sekian dulu deh ,,,,
Semoga Bermanfat… amin.. dan Selamat Mencoba.. Good Luck…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar