Kamis, 13 Juni 2013

Kelas Dan Obyek
apa itu kelas.. "kelas merupakan blue print dari obyek-obyek yang kita akan buat". artinya  disini dengan menggunakan satu buah kelas bisa menciptakan bayak obyek. kita akan langsung ke contoh program yang menggunakan kelas dan obyek.  sebenar nya sejak pertama kita membuat sebuah program pada java maka kita telah menciptakan sebuah kelas.. adapun untuk membuat sebuah kelas pada java formatnya seperti berikut "[Access Modifier][ class] [Nama_kelas] sepertri public class mahasiswa. pada kelas yang kita buat ini kita difinisikan dengan menggunkana accsess Modifier yaitu public yang nantinya kita bisa acses dari kelas manapun baik dalam satu paket maunpun beda paketnya, sedangkan class merupakan kata kunci untuk mendifinisakan sebuah kelas dan wajib ada, dan selanjutnya di ikuti dengan nama kelas nya misal disini mahasiswa...


import java.util.Scanner;

public class mahasiswa {

    private String nim, nama, jurusan, jk, alamat;
    private int umur, thn_angkatn;

    public mahasiswa() {
        this.nim = "";
        this.nama = "";
        this.jurusan = "";
        this.jk = "";
        this.alamat = "";
        this.umur = 0;
        this.thn_angkatn = 0;

    }

    public void BacaData() {
        try {
            Scanner baca = new Scanner(System.in);
            System.out.print("Masukkan Nim:");
            nim = baca.nextLine();
            System.out.print("Masukkan Nama:");
            nama = baca.nextLine();
            System.out.print("Masukkan Jurusan:");
            jurusan = baca.nextLine();
            System.out.print("Masukkan JK:");
            jk = baca.nextLine();
            System.out.print("Masukkan Alamat:");
            alamat = baca.nextLine();
            System.out.print("Masukkan Umur:");
            umur = baca.nextInt();
            System.out.print("Masukkan Thn_angkatan:");
            thn_angkatn = baca.nextInt();
        } catch (Throwable e) {
            System.out.println("Untuk ubur dan thn_ngkatan silahkan masukkan angka ");
            System.out.print(e.getMessage());
        }
    }

    public void TampilData() {
        System.out.println("NIM : " + nim);
        System.out.println("Nama : " + nama);
        System.out.println("Jurusan : " + jurusan);
        System.out.println("Jenis_Kelmin : " + jk);
        System.out.println("Alamat : " + alamat);
        System.out.println("Umur: " + umur);
        System.out.println("Thn_angkatan : " + thn_angkatn);

    }

    public static void main(String[] args) {
        mahasiswa mhs = new mahasiswa();
       mhs.BacaData();        mhs.TampilData();
    }
}
output :
run:
Masukkan Nim:105410056
Masukkan Nama:zul m
Masukkan Jurusan:TI
Masukkan JK:Pria
Masukkan Alamat:lombok
Masukkan Umur:22
Masukkan Thn_angkatan:2010
Thn_angkatan : 2010
BUILD SUCCESSFUL (total time: 32 seconds)



Pada program yang kita buat ini, kita beri nama dengan nama kelas mahasiswa. Di dalam kelas mahasisea  ini terdapat beberapa atribut/pengenal, misalkan nim,nama jurusan dll. Selanjut terdapat sebuak constructor dengan nama mahasiswa juga. Constructor adalah sebuah method dimana


inisialisasi obyek ditempatkan. Adapun beberapa ketentua/property dari sabuah konstruktor adalah :

1.       Constructor memiliki nama yang sama dengan nama class
2.       Constructor tidak memilki return value
3.       Constructor tidak dapat di panggil langsung, namun harus di  panggil dengan menggunakan operator new pada pembentukan sebuah kelas.
Tapi jangan terlalu serius juga.. “ tapi seriuslah biar paham” hee
Selanjutnya pada program yang kita buat ini terdapat dua buah method yaitu pertama kita berinama public void BacaData()  dan yang kedau   public void TampilData() {. Method Bacadata berfubgsi untuk melakukan masukan data dari keybord artinya seorang user harus memasukkan data melalui keyboard. Sedangkan method TampilData di gunakan untuk menampikan data dari method BacaData.
“ adapun blok try { } catch  () {} disni kita tidak akan bahas, karena kita sudah bahas pada postingan sebelumnya yaitu: penanganan error pada java.
Lanjut…. Hemmm.. (^^^)…
Setelah kita membahas class,constructor,method maka tahap selanutnya adalah kita ke bagian method main/method utama.  Pada method utama/main kita menciptkan sebuah obyek dengan nama  mhs. Adapun format untuk menciptkan sebuah obyek pada java seperti berikut “
[Nama_class][ nama_obyek ]=[ new][ Nama_class]
Nama_class merupakan nama_dari class yang kita ciptakan misalkan disini mahasiswa, sedankan nama_obyek nama dari obyek yang kita buat dari kelas yang kita ciptakan , selanjuntya di ikut dengan tanda (=) dan kata new Dan Nama_class.
Contoh :  mahasiswa mhs = new mahasiswa();
        He,,, lanjut atau cukup..
                        Lanjut aja deh”  setelah kita menciptkan sebuah obyek maka tahap selanjutnya adalah kita akan memanggil method yang telah kita ciptakan yaitu method BacaData() dan method TampilData() dengan menggunakan obyek terbut.
Contoh “   mhs.BacaData();
                mhs.TampilData();
Sekian dulu deh ,,,, Semoga Bermanfat… amin.. dan Selamat Mencoba.. Good Luck…
  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar